Home » Info Teknologi » Software Review » Download Google Translate Offline untuk Android

Download Google Translate Offline untuk Android

Pengguna smartphone sudah bisa men- download Google Translate Offline untuk Android. Tak tanggung-tanggung, aplikasi ini walau tanpa koneksi internet, mandukung hingga 50 bahasa termasuk Indonesia. Google Translate sebagai media penerjemah yang banyak diakses menyediakan versi offline.

Google Translate sudah dikenal luas dan semua kalangan netter untuk menterjemahkan berbagai bahasa, walau tidak terlalu tepat namun sudah sangat membantu. Hanya saja, diperlukan koneksi internet untuk mengaksesnya layaknya mesin penelusuran google. Namun, Hal ini ternyata berubah, untuk pengguna Android Google Translate kini bisa digunakan offline (luring – luar jaringan) dengan mengunduh (download) bahasa yang kita inginkan terlebih dahulu.

Aplikasi Google Translate Offline AndroidDukungan untuk offline ini muncul sejak versi 2.6 (update 27 Maret 2013), dan fitur offline ini memerlukan paling tidak Android 2.3. Bagi pengguna Android, silahkan langsung kunjungi link Google Translate, kemudian install. Ukuran awal installasi relatif kecil, hanya sekitar 5.7 MB. Tetapi belum menyertakan bahasa dan file utama untuk translasi offline.

Untuk mengunduh bahasa tambahan (selain Inggris), silahkan buka Google Transalte dan dari Menu pilih Offline Languages, Selanjutnya dari sana kita bisa memilih bahasa apa yang kita inginkan. Sebelum mulai download bahasa tambahan ini, ada konfirmasi apakah download hanya akan dilakukan jika ada koneksi WiFi saja. Tentu sebaiknya opsi ini yang dipilih, karena download 1 bahasa saja, ukurannya sudah cukup besar.

Ketika mencoba menginstall Google Translate, kemudian menambahkan bahasa Indonesia, awalnya akan di download “Core files” atau file inti yang memerlukan waktu lebih lama dari ketika download aplikasinya, kemudian setelah itu baru download data bahasa Indonesia, yang lebih lama lagi dan ternyata setelah saya periksa melalui windows, ukuran data ini sekitar 155 MB. Jadi lumayan besar, sehingga memang sebaiknya download dilakukan dengan koneksi WiFi plus koneksi internet yang cukup.

Setelah selesai, google translate bisa kita gunakan untuk menerjemahkan bahasa secara offline. Dan seperti yang sudah dinyatakan oleh Google sendiri, hasil terjemahan versi offline ini tidak seluas, selengkap atau sebagus ketika menggunakan versi online, tetapi cocok ketika digunakan untuk menerjemahkan bahasa yang relatif ringan. Meskipun begitu, dengan adanya dukungan offline ini tentu akan semakin bermanfaat, mengingat akurasinya sepertinya masih lebih baik daripada aplikasi terjemah lainnya.

Sumber

Comment for Download Google Translate Offline untuk Android

  1. tinti // November 20th, 2013 at 10:27 pm

    moga2 aja bisa di download . trims buanget

  2. tinti // November 20th, 2013 at 10:30 pm

    terimakasih





Related Post to Download Google Translate Offline untuk Android

Printer dan Kertas untuk bon n nota

November 20, 2012
e-technie.com – bahasan kali ini tentang printer dan kertas untuk bon dan nota. Bila anda ingin berjualan atau sedang jualan, tentunya membutuhkan printer dan...

Mengenal Konsep Green Computer PC

November 21, 2012
Green Computer/ PC ada yang mengsumsikan sebagai Komputer berwarna hijau. itu salah, Konsep Green Computer adalah sebuah konsep dimana PC dirancang ramah lingkugan alias...

Penerima Penghargaan Kalpataru 2012

June 7, 2012
Penerima Penghargaan Kalpataru Indonesia 2012   Berikut ini nama-nama penerima penghargaan Kalpataru tahun ini dipilih oleh Dewan Pertimbangan Kalpataru yang diberikan kepada individu maupun...

Sadou, Seni Minum Teh ala Jepang

August 15, 2012
Sadou, Seni Minum Ocha   Mengenal Tata Cara Sadou Seni Minum Ocha Sadou sebenarnya berasal dari China, kurang lebih 900 tahun yang lalu. Tetapi...