Home » Kaskus Hot Threaad » Mengenal Komunitas Nebeng hemat BBM

Mengenal Komunitas Nebeng hemat BBM

May 16th, 2012 Kaskus Hot Threaad

Komunitas Nebeng.com untuk penghematan BBM

kombeng komunitas nebengApa itu komunitas nebeng? Sesuai namanya lah, komunitas yang memang mewadahi orang-orang yang ingin nebeng ataupun bersedia memberikan tebengan. Nebeng alias ngikut orang atau minta tumpangan sangat efektif untuk menghemat pemakaian BBM.

“Komunitas ini terbentuk pada 2005. Jadi sampai sekarang sudah 7 tahun. Anggotanya semakin bertambah, yang tercatat sekitar 36 ribu. 90 Persen anggotanya dari Jabodetabek,” kata Rudiyanto yang merupakan penggagas Komuntas Nebeng dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (27/2/2012).

manfaat komunitas nebeng selain menghemat BBM dan mengurangi kemacetan, di komunitas ini juga bisa meluaskan jaringan untuk keperluan bisnis. Rata-rata jarak tempuh perjalanan 1-2 jam, nah dalam kurun waktu itu di dalam mobil yang berisi beberapa anggota komunitas bisa saling bertukar informasi soal bisnis.

bagaimana dengan ongkos BBM? Beberapa dari orang yang ditebengi, mereka biasanya membayar biaya BBM bersama, namun ada juga yang tidak mengambil biaya. Selain itu juga untuk mempererat tali silaturahmi sehingga tercipta masyarakat yang kondusif.

Biasanya yang menggratiskan itu karena keperluan 3 in 1. Yang memberi tebengan juga biasanya punya syarat misalnya ladies only atau no smoking. Yang nebeng dan memberi tebengan ini memiliki tempat tinggal dan arah lokasi kerja yang sama.

Kebanyakan anggota komunitas ini berasal dari Jakarta. Namun ada juga yang dari Bekasi, Tangerang, dan Bogor. Mulanya komunitas ini berkembang di milis. Tujuan akhir gerakan ini adalah berkurangnya jumlah mobil yang beroperasi di jalan raya. Jika 2 orang atau lebih berangkat kerja dengan kendaraan masing-masing mau bergabung menjadi 1 mobil saja untuk berangkat kerja, minimal akan menghemat BBM 50%. Dengan ini maka akan membantu mengurangi kemacetan jalan raya. Imbas selanjutnya akan mengurangi polusi udara.

“Sekarang kami jalan biasa saja, nggak ada kampanye yang besar-besaran. Karena kalau dalam kondisi yang ‘normal’ seperti ini, kampanye seperti ini kurang didengar. Kecuali bila BBM naik atau ada perang di negara eksportir minyak sehingga kita terancam,” papar Rudi.

Untuk memudahkan koordinasi dan menyediakan orang yang bersedia memberikan tebengan, dibagilah beberapa ‘kecamatan’. Misalnya Kecamatan Gedung Arthaloka Sudirman, Kecamatan Jalan Gadjah Mada Jakarta, dan Kecamatan Kawasan Industri Pulogadung. Setiap ‘kecamatan’ terdapat camat.

Camat ini juga memfasilitasi orang-orang yang tidak bisa mengakses internet namun ingin tergabung dengan komunitas ini.

“Syukurlah selama 7 tahun ini kami nggak pernah ada masalah. Kalau terdaftar di komunitas ini, maka diketahui kantor dan rumahnya, email dan nomor kontaknya. Itu semua bisa dikroscek. Jadi Komunitas Nebeng itu bisa menjadi wadah komunikasi yang aman. Beda sama naik omprengan yang tidak saling kenal,” papar pria kelahiran Malang 30 Januari 1974.

Rudi menjelaskan para penebeng dan yang memberikan tebengan harus kompak menetapkan jam berangkat dan jam pulang kantor. Dia merekomendasikan para penebeng terhubung dengan lebih dari satu pemberi tebengan.

“Kadang kan nggak bisa pulang tepat waktu, atau pemberi tebengannya cuti dan tugas keluar kota. Karena itu punya alternatif untuk menebeng,” jelas Rudi.

Komunitas ini memfokuskan diri pada pegawai kantoran yang umumnya memiliki kendaraan sendiri. Namun juga tidak menutup diri pada kalangan lain seperti mahasiswa.

Anda tertarik bergabung? Silakan akses http://www.nebeng.com untuk mendapat informasi lengkapnya. Berhemat BBM dan menekan angka kemacetan lalu lintas tidak harus muncul dari ide besar dan konsep bombastis. Namun hal itu bisa dilakukan melalui hal-hal kecil dan dimulai dari diri sendiri. Jadi, jangan malu untuk nebeng ya!
MARI HEMAT BBM, AYO NEBENG!

Sumber diedit seperlunya oleh e-technie.com

Leave comment for Mengenal Komunitas Nebeng hemat BBM





Tags »

Related Post to Mengenal Komunitas Nebeng hemat BBM

Download majalah pcmild edisi 6-10

May 18, 2011
Download majalah pcmild pdf edisi 6-10 06 Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu tentang download majalah PcMild gratis. Kali ini anda dapat...

Udinus Unggah E-Gamelan Keraton di App-Store

August 12, 2012
Gamelan Virtual kini hadir di Apple Store Gamelan virtual (E-Gamelan) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kini dapat ditabuh, didengarkan, dan dipelajari melalui komputer, laptop, ...

Inilah Cara Nonton TV Lewat internet

September 20, 2012
Ada dua cara nonton tv lewat internet. Kedua cara nonton ini sama-sama mudah dan gratis digunakan. Tutorial nonton tv internet tidak dibutuhkan karena tampilan...

Micropocessor pertama di Dunia

November 17, 2012
e-technie.com Pada bulan November 1971, sebuah perusahaan bernama Intel memperkenalkan Micropocessor pertama di Dunia, Intel 4004. bisa juga dibilang Chip pertama di dunia. Diciptakan...