Home » Info Teknologi » Mengenal Konsep Green Computer PC

Mengenal Konsep Green Computer PC

November 21st, 2012 Info Teknologi

Green Computer/ PC ada yang mengsumsikan sebagai Komputer berwarna hijau. itu salah, Konsep Green Computer adalah sebuah konsep dimana PC dirancang ramah lingkugan alias hemat listrik, nah itu barulah betul 100%. Bagaimanakah penjelasan akan konsep ini? dan bagaimanapula penerapanya? simak artikel berikut ini!

Konsep Green PC dicetuskan untuk menciptakan Komputer yang hemat energi dan tidak berisik namun memiliki kinerja yang tidak jauh dari PC Non-Green. Bahkan banyak perangkat seri Green yang memiliki kinerja melebihi perangkat Non-Green karena arsitektur dan kemampuannya telah ditingkatkan dari seri sebelumnya.

Beberapa teknik untuk menerapkan konsep Green Computer mulai dari menurunkan kecepatan dari perangkat hingga mengaplikasikan fungsi power saver pada perangkat yang mendukung. Namun dibalik kesuksesan Green Computer, banyak orang yang mengatakan bahwa PC Non-Green dapat mengurangi konsumsi energinya tanpa mengurangi kinerjanya. Tentu hal tersebut dapat dilakukan, namun hanya berlaku jika PC dalam keadaan Idle atau tidak dalam posisi terbebani penuh (Full Load). Meskipun begitu, sebuah PC Non-Green tidak akan bisa mengurangi konsumsi energinya hingga menyamai Green PC, sebab perangkat dengan konsep Green PC menggunakan metode penghematan energi yang jauh lebih hemat namun dengan konsekuensi menurunnya kinerja perangkat tersebut.

Beberapa perangkat yang menggunakan metode Green ialah VGA, Harddi, Processor dan Mainboard. Setiap vendor memiliki teknologi masing-masing untuk menciptakan konsep Green PC pada perangkat yang mereka buat sehingga terkadang perangkat dengan model yang sama namun berasal dari vendor yang berbeda akan memiliki karakter yang berbeda pula. Konsep Green PC ini sangat tepat untuk diaplikasikan pada kantor-kantor, rumah dan juga warnet yang memang tidak membutuhkan kinerja komputasi yang besar. Green PC dengan sebuag Processor Intel Atom sudah cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi Office dan Multimedia ringan.

Untuk menjalankan Game berat, kita harus memilih perangkat Green PC yang memiliki kinerja yang cukup untuk menjalankannya. Sebuah Processor Atom Dual Core tidak akan mampu menjalankan Game berat dengan baik. Setidaknya processor sekelas Intel Pentium Dual Core dan AMD Athlon II X2 cukup untuk diajak bermain. Namun hal yang utama ialah VGA, yang berfungsi merender Grafis dari Game. Untuk multimedia berat seperti HD Movie, processor Atom Dunal Core dan VGA Low End dengan pendingin Pasif masih cukup mumpuni untuk diajak menonton tayangan HD melalui Port HDMI.

Namun, karena kebutuhan setiap pengguna berbeda-beda, cukup sulit menentukan racikan terbaik sebuah konsep Green PC. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan pada saat menentukan pilihan perangkat Green PC. Ada baiknya selalu mencari informasi tentang Green PC di Web, sebab cukup banyak tersedia informasi yang cukup membantu dalam menentukan pilihan sebuah Green PC.

sumber: http://galautech.wordpress.com/2012/11/15/konsep-green-pc/

Leave comment for Mengenal Konsep Green Computer PC





Tags » ,

Related Post to Mengenal Konsep Green Computer PC

Download Google Translate Offline untuk Android

May 3, 2013
Pengguna smartphone sudah bisa men- download Google Translate Offline untuk Android. Tak tanggung-tanggung, aplikasi ini walau tanpa koneksi internet, mandukung hingga 50 bahasa termasuk...

Antivirus Terbaik 2011 versi toptenreview

October 25, 2011
Antivirus terbaik 2011 untuk melindungi PC dan Laptop anda jalan-jalan ke dunia maya, ceritanya lagi cari antivirus biar gak selalu hidup dengan virus. Bayangkan...

1 Membuat Blog gratis di WordPress

June 1, 2011
Tutorial membuat Blog Gratis di wordpress.com e-technie.com untuk pertama kali akan membuat panduan cara mendaftar blog di wordpress.com. layanan blog dan fitur bawaan wordpress.com...

Seorang Ibu Operasi Caesar dirinya sendiri

August 12, 2012
 Satu2nya Wanita Di Dunia Yg Sukses Melakukan Operasi Bedah Sesar Thd Dirinya Sendiri Kasih Ibu, kepada beta Tak terhingga sepanjang masa Hanya memberi, tak...