Home » Info Teknologi » Teknologi Pencegah dan Pemadam Kebakaran Hutan Buatan TNI

Teknologi Pencegah dan Pemadam Kebakaran Hutan Buatan TNI

August 2nd, 2016 Info Teknologi

Ternyata TNI mampu untuk menciptakan Teknologi Pencegah dan Pemadam Kebakaran Hutan Buatan TNI. Banyaknya kasus pembakaran hutan yang terjadi di Indonesia membuat para perwira TNI turut andil dalam mencegah dan memadamkan kebakaran hutan.

Selain terlibat langsung dalam pemadaman hutan yang terbakar, beberapa perwira juga mengembangkan teknologi untuk menjaga hutan dari kebakaran. Menjaga hutan dari terbakar berarti juga memadamkan kebakaran yang ada.

Teknologi Pencegah dan Pemadam Kebakaran Hutan Buatan TNI

Demonstrasi Teknologi Pengembangbiakan mikroorganisme Bios 44 buatan TNI

Pengalaman ini mendorong Komando Resort Militer (Korem) 044/ Garuda Dempo (Gapo) yang berada di Sumatera Selatan menciptakan sebuah teknologi pencegahan dan pemadaman Kebakaran Hutan. Tentunya hal ini sangat menarik untuk dicermati dan bermanfaat besar bagi bangsa Indonesia.

Teknologi ini dinamakan Bios 44 dan Nusantara Gapo 44. Dua teknologi inilah yang menjadi pokok penting penanganan kasus pembakaran hutan. Bios 44 yaitu teknologi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan atau lahan khususnya yang berada pada lahan gambut. Sedangkan Nusantara Gapo 44 merupakan teknologi busa atau foam untuk memadamkan api pada kebakaran di lahan gambut.

Kedua teknologi ini adalah ahsil dari penelitian dan riset yang dilakukan anggota Korem 044/ Garuda Dempo. Ia menjelaskan Bios 44 merupakan paduan beberapa mikro organisme menyatu.

Cairan Bios 44 terbentuk dari beberapa mikro organisme yang ketika disemprotkan pada lahan gambut basah, akan dapat memperkecil rongga yang ada sehingga tertutup dan lahan gambut tidak mudah terbakar. Rongga yang berada dalam lahan gambut sendiri adalah ruangan kosong yang banyak menyimpan oksigen, sehingga api selalu menyala. Namun, dengan tertutupnya rongga dalam lahan gambut, maka hanya sedikit oksigen yang ada dan terus menipis karena akan terbakar oleh api, sehingga api akan padam dengan sendirinya.

Teknologi selanjutnya yaitu Teknologi Nusantara Gapo 44, adalah busa yang digunakan untuk memadamkan api yang membakar lahan gambut. Teknologi ini merupakan cairan yang menghasilkan busa, namun aman dan ramah terhadap lingkungan. Hal ini berbeda dengan cairan pemadam kebakaran yang umum digunakan saat ini.

teknologi pemadam kebakaran hutan nusantara gapo 44

Teknologi cairan busa Nusantara Gapo 44 didesain sebaik mungkin untuk tidak mengikutkan unsur kimia yang akan merusak lingkungan. Teknik pemadaman dengan teknologi ini juga telah diintegrasikan kepada sepeda motor dan personel pemadam kebakaran, sehingga mudah digunakan. Cairan yang berbentuk busa ini bila disemprotkan akan memadamkan api dan meresap turun kebawah tanah gambut yang juga akan memadamkan api yang berada dalam lahan gambut.

Semoga dengan dua teknologi Teknologi Pencegah dan Pemadam Kebakaran Hutan Buatan TNI ini dapat meminimalisir terjadinya kebakaran hutan. Teknologi ini juga menjadi solusi untuk mengatasi hutan yang telah terbakar akibat panas matahari maupun ulah beberapa orang yang tidak bertanggung jawab. Kedepanya, semoga semakin banyak teknologi baru karya anak negeri untuk memajukan bangsa.

 

Leave comment for Teknologi Pencegah dan Pemadam Kebakaran Hutan Buatan TNI





Related Post to Teknologi Pencegah dan Pemadam Kebakaran Hutan Buatan TNI

WordPress lebih Populer daripada Jomla dan Drupal

May 26, 2011
Berita WordPress Internet Tutorial, dari sumber tempo, diketahui bahwa WordPress lebih populer ketimbang Jomla dan Drupal. “WordPress saat ini memimpin pasar,” ujar Ric...

5 Aplikasi Gratis Terbaik Monitoring Internet untuk Windows 8

May 5, 2013
  Windows 8 yang merupakan operating sistem terberu keluaran windows banyak menarik minat berbagai kalangan untuk menginstalnya dalam laptop maupun Komputer. Untuk menjaga kestabilan...

Mengenal Komunitas Nebeng hemat BBM

May 16, 2012
Komunitas Nebeng.com untuk penghematan BBM Apa itu komunitas nebeng? Sesuai namanya lah, komunitas yang memang mewadahi orang-orang yang ingin nebeng ataupun bersedia memberikan tebengan....

Perbedaan Malware, Trojan, Virus, Worm dan Spyware

December 17, 2012
Apasih perbedaan antara malware, trojan, virus, worm, dan spyware? Jawaban umum yang kita dapatkan yaitu mereka adalah program jahat yang menyerang komputer. Memang jawaban...